Thursday, April 27, 2017

20 Tool SEO Gratisan Terbaik Untuk Mengetahui Informasi Lengkap Website

Beberapa tool SEO online dapat digunakan sebagai pendamping untuk memantau management sebuah website berdasarkan informasi-informasi penting yang dikandung didalamnya. Tool-tool ini ada yang berbayar dan gratis, yang berbayar biasanya lebih lengkap, namun sayangnya utuk menggunakan tool berbayar kita harus menyediakan budget yang tidak sedikit.

Tool Online Terbaik Untuk Mengetahui Informasi Lengkap Website
Tool Online Terbaik Mengetahui Informasi Lengkap Website

Di bawah ini adalah tool online terbaik untuk mengetahui informasi lengkap sebuah website. Dengan tool-tool ini kita dapat mengetahui ragam informasi sebuah situs seperti kepemilikan website serta cara menghubunginya, perusahaan hosting, situs apa saja yang di-host pada server tersebut, menggunakan platform apa, Wordpress atau Drupal. Apa jaringan iklan yang mereka gunakan untuk menguangkan situs web mereka. Dari lokasi mana saja dapat diakses, apakah dari China atau lain sebagainya.

Berikut  tool online yang dapat digunakan untuk mengetahui informasi lengkap sebuah berdasarkan fungsi dan prioritas masing-masing.

#1. Audit SEO Website

Varvy - Tool audit SEO menyediakan layanan  informasi tentang besaran kekuatan domain, link, gambar SEO, media sosial, halaman/Teknis SEO, kecepatan halaman, serta masih banyak lagi.
Laporan komprehensif akan Anda dapatkan hanya dalam waktu kurang satu menit, laporan disediakan jauh ke dalam aspek berbeda dalam  kinerja web. Tool Varvy akan memberikan tanda hijau, merah, dan tanda seru kuning guna menunjukkan tingkat masalah dalam aplikasi web

#2. Cek Gzip Compression Website

Check GZIP compression - Gzip Compression akan mengurangi ukuran web sampai dengan 70% sehingga proses loading situs bertambah cepat. Untuk mengetahui apakah Gzip Compression sudah aktif silakan buka link Check GZIP Compression.

#.3 Mengetahui Tampilan Website di Media Sosial

Rich Link Preview - Tampilan web di mesin pencari atau media-media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin dipengaruhi oleh bagaimana cara Anda memasang meta tags di header web. Tool Rich Link Preview sangat berguna untuk mengetahui bagaimana tampilan web terlihat di mesin pencari atau media-media sosial lainnya juga memberi tahu kesalahan-kesalahan meta tags situs serta saran bagaimana memperbaiki meta tags dengan benar.

#4. Cek Keyword Density

Keyword Density Cloud - Berguna melacak kerapatan keyword pada halaman situs  biasanya diletakkan di posisi judul halaman, heading, juga dalam paragraf utama halaman artikel blog.  Dengan Keyword Density Cloud Anda dapat memeriksa apakah kerapatan keyword Anda dalam batas diterima mesin pencari? terutama di area-area tersebut di atas.

#5. Cek Kinerja Website

httparchive.org - HTTP Archive adalah gudang semua informasi kinerja web dalam bentuk metrik. Mencatat seluruh data-data seperti ukuran halaman, waktu rata-rata beban situs serta jumlah permintaan gagal (invalid link) dari waktu ke waktu. Lihat Contoh.

#6. Cara Melihat Iklan Yang Tampil di Sebuah Negara

ctrlq.org/sandbox - Sandbox AdSense memecahkan dua masalah yang mungkin Anda hadapi sebagai Publisher Adsense. Tool Sandbox Adsense menawarkan berbagai informasi pengiklan yang menargetkan situs tertentu serta sangat membantu dalam guna mengetahui apakah domain web tertentu dilarang di jaringan AdSense atau tidak.

#7. Tes Kecepatan Website 

developers.google.com - Tool online gratis dari Google, berguna mengukur nilai skor kecepatan loading halaman web, pada desktop dan perangkat mobile. Semakin tinggi nilai disajikan, maka semakin baik performa kecepatan proses loading. Google juga menawarkan fitur "Saran untuk mengatasi  masalah" agar nilai skor dapat ditingkatkan.

#8. Cek Kompatibilitas Website

modern.ie - Aplikasi online modern.ie sangat berguna  menguji kompatibilitas aplikasi web dengan berbagai jenis browser serta mendeteksi kesalahan coding kemungkinan penyebab timbulnya masalah pada situs. Tool modern.ie terintegrasi dengan BrowserStack sehingga Anda dapat dengan cepat mengetahui bagaimana tampilan web terlihat pada perangkat berbeda.

#9. Cara Mengetahui DNS Server Website

whatsmydns.net - Jika membeli domain baru atau sedang beralih dari satu host ke host lain, mungkin perubahan DNS Record domain Anda akan membutuhkan waktu agar konten tersebar ke seluruh dunia. WhatsMyDNS akan memeriksa DNS Record Anda dari berbagai lokasi serta dapat memeriksa A, CNAME serta MX record domain Anda.

#10. Keyword Spy - Mengintip Keyword Website Lain

semrush.com - Semrush.com mampu menganalisa kualitas SEO, seperti keyword organic yang dipakai pengguna untuk menemukan alamat sebuah situs, bagaimana lalu-lintas (trafic) berjalan. Jika ingin menganalisis sebuah web, Semrush merupakan tool online terbaik yang dapat dimanfaatkan.

#11. Cek Teknologi Website

builtwith.com - BuiltWith dapat dimanfaatkan guna mengetahui teknologi setiap web. Tool builthith.com menyajikan daya penyedia layanan email domain, mitra iklan, melacak widget yang diinstal, juga informasi apakah situs tersebut menggunakan CDN seperti Amazon S3 atau Google Cloud. Lihat contoh.

#12. Cara Mengetahui Alamat IP Website

myip.ms - MyIP.ms menawarkan laporan komprehensif setiap situs atau IP Address. Tool online myip.ms memberi gambaran tentang penyedia hosting, lokasi fisik web, History perubahan IP Address dan DNS. Netcraft juga menawarkan laporan serupa.

#13. Informasi Pelanggaran Hak Cipta Website

chillingeffects.org - Memberikan informasi salinan surat pelanggaran hak cipta dan keluhan terkait dengan hak cipta. Salinan surat tersebut diarsipkan dalam database Chilling Effects. Siapapun dapat men-query database publik tersebut guna mengetahui semua keluhan pelanggaran hak cipta terhadap situs tertentu.

#14. Mengetahui Popularitas Website

popuri.us - Anda dapat menggunakan Popuri untuk memperkirakan popularitas relatif web di situs jaringan sosial seperti Twitter, Google+ serta Facebook. Popuri juga menampilkan Google PageRank dan matrik Web of Trust.

#15.  Mengetahui Hosting Web

whoishostingthis.com - Tool SEO online whoishostingthis.com menawarkan data nama perusahaan tempat hosting. Jika membutuhkan informasi kontak penyedia hosting untuk melaporkan DMCA, Anda dapat menggunakan layanan online ini, atau jika ingin mencari informasi perusahaan hosting sebagai tempat hosting web Anda.

#16. Informasi Negara Yang Dapat Mengakses Sebuah Website 

just-ping.com - Gunakan Just Ping untuk menentukan apakah situs tertentu atau blog dapat diakses dari negara lain. Tidak seperti layanan ping online lainnya yang memiliki layanan di beberapa lokasi, Just Ping memiliki 30 stasiun pemantauan di seluruh dunia termasuk Turki, Mesir serta Cina. Jika hasil ping mengatakan 100% Loss Packet, kemungkinan besar web tersebut tidak bisa diakses dari wilayah itu.

#17. Mengetahui SEO Website

SEOToolSet - Memiliki lebih dari 15 tool SEO gratis organik yang dikemas dalam satu paket, masing-maing tool memiliki fungsi yang berbeda yang sangat bermanfaat bagi para marketer. Tool ini dilengkapi dokumentasi lengkap sebagai panduan pengguna tentang bagaimana dan mengapa internet marketer harus menggunakan tool ini. Dimana dengan tool ini Anda dapat memantau rangking situs di mesin pencari dalam berbagai laporan. Ada lebih dari 10 bentuk laporan yang dapat dilihat dari hasil pantauan Ranking di Mesin Pencari

#18. Cek Backlink Website (backlink checker)

Openlinkprofiler - Tool gratis untuk menge-cek backlink sebuah situs, backlink ditampilkan berdasarkan urutan tanggal. Daftar backlink dapat didownload dalam format .csv. Melalui too seo gratis ini Anda dapat mengetahui jumlah backlink, link-link ke home page. Data backlink juga dapat difilter berdasarkan backlink nofollow maupun dofollow dan fitur-fitur lainnya.

#19. Cek Ranking Website di Google

SERP Checker - adalah sebuah Tool SEO gratis yang sangat berguna membantu pengguna melacak posisi kata kunci pada halaman hasil pencarian Google. Untuk menggunakan layanan ini, cukup memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari bersama dengan nama domain, dan tool ini akan menampilkan posisi ranking di Google berdasarkan kata kunci yang dimasukkan tersebut.

#20. Cek Keyword Website

SeoCentro - adalah salah satu tool SEO terbaik untuk mengetahui posisi terbaru dari keyword yang ditemukan dalam index mesin pencari saat ini. Dengan Rank Checker Anda dapat memeriksa kinerja kata kunci tertentu di beberapa mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan lain-lain. Laporan dihasilkan berupa rincian lengkap tentang kata kunci tertentu termasuk peringkatnya di berbagai mesin pencari, dan juga bersama dengan riwayat kata kunci tersebut.

Penutup

Anda dapat menggunakan beberapa tool SEO gratisan lainnya untuk menganalisi informasi sebuah Web, namun daftar tool di atas merupakan yang terbaik berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber. Dengan menggunakan tool-tool di atas Anda tidak perlu lagi membeli tool berbayar, karena semua kebutuhan dasar untuk mengetahui informasi website secara lengkap sudah terpenuhi.

Abu Yusuf

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment